Membina keharmonisan dalam keluarga yang sibuk memang bukan pekerjaan yang mudah apalagi dengan beban pekerjaan dan tuntutan pekerjaan yang tinggi praktis tidak ada waktu luang tersisa hanya untuk sekedar berbagi dengan keluarga.  Berikut Tips memgelola stress sebagai salah satu hal yang berkaitan erat dalam membina keharmonisan keluarga

  1. Tingkah laku, misalnya pengelolan waktu yang baik, mampu mengekspresikan/mengutarakan pendapat.
  2. Kebutuhan fisik dengan melakukan olah raga, relaksasi dan makanan yang bergizi dengan diet yang tepat.
  3. Penyesuaian kognisi dengan mnganalisa hal – hal yang menyebabkan stres sehingga bisa dipahami dan akhirnya akan dihindari.
  4. Meningkatkan rasa humor karena secara medik akan meningkatkan anapkrime dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit juga meningkat.
  5. Melakukan kegiatan yang berbedadari yang yang sedang ditekuni untuk mencegah kejenuhan dan kebosanan rutinitas.
  6. Memiliki tujuan tujuan yang hendak dicapai yang selalu disesuaikan dengan kenyataan, baik kemampuan yang dimiliki maupun keadaan lingkungan yang memungkinkan tercapainya tujuan tersebut.
  7. Persiapkan tugas – tugas yang hendak dilaksanakan dengan cermat dan terstruktur/terjadwal.
  8. Jadikan rumah sebagai tempat berbagi bersama keluarga, tempat yang kondusif untuk istirahat, tempat yang nyman untuk memulihkan tenaga sehabis bekerja.

Beberapa hal tersebut diatas akan berdampak pada peningkatan harga diri, kepercayaan diri, dan penerimaan diri yang meningkat serta daya tahan tubuh kuat dan tahan stres.