PANTAI KALI ULUH

Ah …. ! rasanya dah lama aku ndak mengupdte blog ini terutama untuk artikel yang satu ini, sebuah artikel yang menampilkan beberapa foto – foto di sebuah desa kawasan pantai di wilayah kecamatan Kebonagung, nama desanya cukup simple dan mungkin punya arti tersendiri bagi para penduduknya “ KLESEM” itulah nama desanya dan “Pantai KALI ULUH“ sebagai nama pantainya.

Pantai Kali Uluh sebenarnya menyimpan banyak potensi yang sangat bisa diandalkan terutama yang sampai saat ini masih belum maksimal  dikelola oleh pemerintah setempat  yaitu yang berkaitan obyek pariwisata pantai terutama kaitannya dengan olah raga Surfing, kenapa …..? karena wilayah itu berbatasan langsung dengan samudra Hindia, otomatis ombak yang setiap hari berdebur ke pantai yang untuk beberapa orang mungkin menakutkan, tetapi bagi pecinta olah raga surfing dapat menjadi surga tersendiri yang sangat mengasyikkan. Saya sendiri baru beberapa kali ke pantai itu dan kebetulan waktu itu (dah lupa kapan harinyaa …! ) berbarengan dengan kegiatan sekolah dan kebeneran juga ada  beberapa turis asing yang sedang bawa peralatan surfing, tampaknya mau berselancar tapi karena kondisi ombak pas saat itu tidak begitu besar mereka hanya duduk santai di pinggir pantai dan bahkan beberapa dari mereka sempet foto- foto bareng temen saya.

Akses transportasi sebenarnya kalo dari Kota Pacitan ke Kecamatan Kebonagung sudah tidak ada kendala alias lancar kemudian terus mulai berliku dan menanjak jalur perjalanan akan melintasi wilayah Karang Anyar, Gawang dan Sidomulyo itupun juga bisa dibilang cukup lancar cuman tanjakan rada – rada curam dan harus extra hati – hati, nah kali ini perjalanan dari Sidomulyo dilanjutkan ke wilayah desa Klesem, mulai masuk wilayah desa Klesem sampai ke Pantai Kali Uluh, wah …..? jalannya Ancur abis Broo dan harus Very extra alon alon ya mas Brooo …..! Mungkin hal ini yang menyebabkan atau yang menjadi kurang semaraknya obyek wisata pantai Kali Uluh. Jika saya analisa dan sya komentari  ada beberapa alasan yang mungkin menjadi kendala kurang Go publik- nya wisata pantai Kali Uluh diantaranya adalah :

  •  Sarana Transportasi  jadi untuk ke pantai Kali Uluh paling tidak ya harus bawa kendaraan sendiri karena memang tidak ada angkutan umun yang sampai kesana, kalaupun ada tampaknya hanya kebetulan semata atau mencarter juga ok.
  • Akses jalan, Rute jalan yang cukup curam dan berliku serta ditambah juga kondisi jalannya yang rusak menambah parahlah kondisi transportasi ke lokasi, sebenarnya jalan sudah diaspal hanya tinggal (kurang lebih 1 km ) yang masih belum diaspal menjelang pantai tetapi  dibeberapa bagian jalan dari arah sidomulyo menuju kelokasi pantai sudah rusak parah (modal – madul). terutama dibeberapa kilometer wilayah dusun Krajan, Duren aspalnya sudah tidak layak atau sudah dalam kondisi rusak parah bahkan sangat membahayakan pengguna jalan.
  • Fasilitas Pantai yang masih kurang, belum tersedianya beberapa sarana pendukung rekreasi diantaranya tempat hiburan lain, Penjaga Pantai, Papan Penunjuk daerah bahaya, Penginapan, Sarana Ibadah (waktu saya kesana masih dibagun), Rumah makan (yang memenuhi standart ) dan sarana penunjang yang lain.
  • Pengelolaan yang belum maksimal, yang saya amati waktu itu adalah tidak adanya retribusi (Karcis masuk), Tidak adanya Rambu Penunjuk arah,  Publikasi secara On Line (saat ini hanya dari mulut ke mulut)

Jadi agar dapat menjadi Icon dan akhirnya dapat menambah pemasukan (income) bagi Pemerintah desa dan peningkatan perekonomian warga setempat terutama yang tinggal disekitar wilayah tersebut, ada baiknya Pemerintah Desa Klesem mengelola obyek Pariwisata Pantai Kali Uluh secara professional kalaupun belum mampu menglola secara professioanl ada baiknya menggandeng pihak ketiga (swsata) untuk mengelolanya tetapi harus melihat segala sesuatunya secara proporsional dan mengacu pada nilai – nilai budaya luhur setempat tanpa meninggalkan kearifan lokal warga masyarakat desa Klesem yang masih terjaga sehingga tidak menimbulkan konflik social di masyarakat.  Dibalik keindahannya Pantai Kali Uluh ternyata juga menyimpan cerita misteri (Iiiih seyeeem ….! Ini beberapa kabar yang saya dengar, dari mulut kemulut gimana ceritanya. Mo tahu aja !!) yang membuat bulu kuduk merinding, saya sendiri tidak tahu kebenaran ceritanya. Mau percaya atau tidak terserah sobat semuanya, yang jelas Surga surfing di pantai ini layak untuk anda dikunjungi.

Beberapa foto yang saya Upload ini sebenarnya juga saya ambil dari sebuah kamera digital milk sekolah tempat saya bekerja yang dijepret juga oleh temen saya, waktu itu saya lihat ada beberapa foto bagus banget,  ya ….. ada yang bagus kenapa tidak ditampilin…..! Pengen liat ……. Nih !