DOWNLOAD PERANGKAT PEMBEJARAN PAI DI MTs

Kurikulum MTs

Sebelum anda para pembaca mengunduh Perangkat Pembelajaran ( Silabus RPP, Prota, Promes dll ) untuk ke lima Pelajaran Agama di MTs,   ! Coba kita telaah, Perilaku anak didik kita diluar sekolah banyak dari mereka berperilaku tidak beradab (tawuran, minuman keras) menjadi sebuah kebiasaan. Sebagai seorang pendidik kita tentunya miris melihat semua itu. Lalu dibenak kita timbul sebuah pertanyaan sudah tepatkah metode pendidikan agama untuk anak didik kita atau ada yang salah dengan mereka, Sebenarnya tujuan Pendidikan Agama Islam pada kurikulum SMP/MTs sudah cukup jelas yaitu untuk berkembangnya kemampuan perserta didik dalam mengembangkan, memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama islam, penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pendidikan agama islam di SMP/ SLTP bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengamalan peserta didik tentang agama islam menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam keduniaan, ketaqwaan kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi . Untuk lebih jelas coba anda mencermati artikel tentang  Pendidikan Agama Islam dibawah ini:

PENGERTIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Mengenai pengertian Pendidikan Agama Islam banyak para pakar pendidikan yang memberikan defenisi secara berbeda diantaranya adalah sebagai berikut.
Prof.Dr.Zakiah Drajat menjelaskan sebagai berikut :

1. Pendidikan agama islam adalah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup (way of life)
2. Pendidikan agama islam adalah pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan ajaran islam
3. Pendidikan agama islam adalah pendidikan melalui ajaran-ajaran agama islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama islam yang telah diyakininya secara menyeluruh, serta menjadikan ajaran agama islam itu sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan hidup didunia maupun diakhirat kelak.
Sedangkan pengertian pendidikan agama islam secara formal dalam kurikulum berbasis kompetensi dikatakan bahwa:
Pendidikan agama islam adalah upaya dasar terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan agama islam dari sumber utamanya kitab suci alquran dan hadist, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengamalan. Dibarengi tuntutan untuk menghormati penganut agama lain dalam masyarakat hingga terwujudnya kesatuan dan persatuan bangsa .
Hal ini sesuai dengan rumusan UUSPN Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Agama Islam bahwa pendidikan agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa serta berakhlak mulia.

2. Tujuan Pendidikan Agama Islam
Adapun tujuan pendidikan agama, yaitu untuk berkembangnya kemampuan perserta didik dalam mengembangkan, memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama islam, penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Pendidikan agama islam di MTs bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengamalan peserta didik tentang agama islam menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam keduniaan, ketaqwaan kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi .

3. Ruang Lingkup di MTs.
Ruang lingkup pendidikan agama Islam di MTs meliputi keserasian dalam keseimbangan antara :
1. Hubungan manusia dengan Allah SWT,
2. Hubungan manusia sesame manusia, dan
3. Hubungan manusia dengan alam (makhluk selain manusia) dan lingkungan.
Adapun ruang lingkup bahan pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama terfokus pada aspek :
a) Keimanan b) Alquran/hadis c) Akhlak d) Fiqih/ibadah e) Tarikh/SKI

4. Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam

a. ALQURAN
1. Membaca, mengartikan dan menyalin.
2. Menetapkan hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah, nun mati/tanwin dan mim mati
3. Menetapkan bacaan qalqalah, tafhim dan tarqiq huruf lam dan ra` serta mad.
4. Menetapkan hukum bacaan wakaf dan idgham
b. KEIMANAN
1. Beriman kapada Allah dan memahami sifat-sifatNya
2. Beriman kepada malaikat Allah dan memahami tugas-tugasNya
3. Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dan memahami arti beriman kepada kitab-kitab tersebut
4. Beriman kepada rasul-rasul Allah SWT dan memahami arti beriman kepada mereka.
5. Beriman kepada hari akhir dan memahami arti beriman kepada mereka.
6. Beriman kepada qadha dan qadar Allah SWT dan memahami arti berimannya.
c. AKHLAK
1. Berperilaku dengan sifat-sifat terpuji 2. Menghindari sifat-sifat tercela
3. Bertata karma
d. IBADAH/FIQIH
1. Melakukan thaharah, 2. Melakukan shalat wajib 3. Melakukan macam-macam sujud 4. Melakukan shalat Jumat 5. Melakukan shalat dan jamak qasar
6. Melakukan macam-macam shalat sunah 7. Melakukan puasa
8. Melakukan zakat 9. Memahami hukum Islam tentang makanan, minuman, dan binatang. 10. Memahami tentang ibadah haji dan umrah
11. Memahami tata cara pernikahan
e. TARIKH/SKI
1. Memahami keadaan masyarakat Makkah sebelum dan sesudah datang Islam
2. Memahami keadaan masyarakat Makkah periode Rasulullah Saw.
3. Memahami keadaan masyarakat Madinah sebelum dan sesudah datang Islam
4. Memahami perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin

Bagi pembaca terutama Bapak /Ibu guru MTs yang ingin mengunduh Perangkat Pembelajaran ( Silabus RPP, Prota, Promes dll ) untuk ke lima Pelajaran Agama di MTs. Silahkan Klik kata yang tercetak tebal, miring berwarna ungu,  disitu ada tautan yang akan mengarah ke link download di Ziddu.com

1. Silabus,  RPP Prota, Promes Fiqih  7, 8, 9 Semester 1 & 2
2. Silabus, RPP, Prota, Promes SKI 7, 8, 9 Semester 1 & 2
3. Silabus, RPP, Prota, Promes Quran Hadits  7, 8, 9 Semester 1 & 2
4. Silabus, RPP, Prota, Promes Aqidah Akhlaq  7, 8, 9 Semester 1 & 2
5. Silabus, RPP, Prota, Promes Bahasa Arab 7, 8, 9 Semester 1 & 2

About these ads